Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7 No 2 (2022): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pembelajaran Tematik Berorientasi STEM Untuk Menumbuhkan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar

Ipung Purwati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Markhamah Markhamah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sutama Sutama (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Kurikulum yang diterapkan di Indonesia saat ini yaitu Kurikulum 2013 (K-13). K-13 di sekolah dasar menggunakan prinsip pembelajaran tematik terpadu. Dalam proses pembelajaran, guru kelas V SD Swasta 4 Paripurna Swakarsa menerapkan pendekatan STEM. Tujuan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEM yakni agar peserta didik memiliki literasi sains dan teknologi serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari terkait bidang ilmu STEM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil yang didapatkan yaitu guru kelas V menggunakan sebelum melakukan perencanaan pembelajaran dengan merancang dan membuat RPP yang menggunakan pendekatan STEM. Guru mempercayai bahwa STEM dapat menumbuhkan kemandirian siswa sekolah dasar dalam menghadapi tantangan abad 21.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...