Celebes Education Review
Vol 4 No 1 (2022): April 2022

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TALKING STICK SISWA KELAS I SD NEGERI 14 JENEPONTO

Amir Pada (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilandasi kenyataan bahwa kemampuan pemahamn peserta didik pada mata pelajaran matematika tentan operasi hitung bilangan bulat masih rendah. Peserta didik merasa materi yang disajikan kurang menarik. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan model yang tepat agar pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Model pembelajaran yang dicobakan dalam penelitian ini adalah Model Kooperatif Learning tipe Talking Stick. Tujuan Penelitian ini adalah; (1) Untuk meneliti penerapan model Talking Stick pada materi operasi hitung pengurangan pada kelas I A SD Negeri 14 JenepontoTahun Pelajaran 2020/2021. (2) Untuk menggambarkan proses pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif learning tipe talking stick pada materi operasi hitung pengurangan di kelas I A SD Negeri 14 JenepontoTahun Pelajaran 2020/2021. (3) Untuk mengukur besarnya hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung pengurangan sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif learning tipe talking stick. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini, dapat dijelaskan bahwa hasil prestasi belajar peserta didik pada saat pra siklus masih rendah, karena rata-rata kelas hanya 59,07 dari nilai KKM yang ditentukan adalah 70 dan persentase ketuntasannya hanya 32,14%. Setelah diterapkan model talking stick pada siklus I memperoleh hasil nilai rata-rata kelas 70,39 dengan persentase ketuntasan 78,57%. Namun masih terdapat peserta didik yang belum melebihi nilai KKM sebanyak 6 orang. Siklus dilanjutkan ke siklus II dan memperoleh hasil nilai rata-rata kelas mencapai 81,03 dengan persentase ketuntasan sempurna 100,00%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CER

Publisher

Subject

Education

Description

Celebes Education Review merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi dengan proses peer review. Menerbitkan artikel bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran, pendidikan vokasi, pengembangan kurikulum, supervisi/manajemen pendidikan, Psikologi Pendidikan ...