Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas, serta kendala yang dihadapi guru pada saat pembelajaran daring materi keliling bangun datar untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi keliling bangun datar masih rendah. Dalam hal ini peneliti menggunkan pendekatan Realistic Mathematics Education sebagai solusi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 20 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis, observasi, wawancara, dan angket. Adapun hasil penelitian yang dilakukan adalah untuk skenario dan implementasi menunjukan bahwa siswa dapat belajar dengan baik melalui pengalaman siswa itu sendiri berdasarkan tahapan pendekatan Realistic Mathematics Education. Untuk respon guru sebesar 72,69% dengan kriteria baik, sedangkan respon siswa sebesar 69,06% dengan kriteria baik. Kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas adalah pada saat menentukan strategi atau rumus yang digunakan. Sedangkan kendala yang dialami guru adalah fasilitas dan ekonomi yang kurang mendukung. Dengan demikian, penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education memberikan pengaruh yang cukup efektif terhadap pembelajaran daring materi keliling bangun datar untuk mengukur kemampuan masalah siswa kelas IV SD.
Copyrights © 2022