Jurnal Ekonomika
Vol 6 No 2 (2022): JURNAL EKONOMIKA - AGUSTUS

Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab

Siti Fatimah (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)
Amalia Nuril Hidayati (UIN Sayyid Ali Rahmatullah tulungagung)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk hijab. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Alma Gallery Shop Tulungagung berjumlah 304 orang. Adapun teknik pengambilan sampel dengan acak atau random sampling/probability sampling berdasarkan rumus Slovin dan diperoleh 75 sampel. Teknik analisis data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik uji regresi, uji hipotesis, uji signifikan parsial (t-test) dan terakhir, uji signifikan simultan (f-test). Secara parsial menunjukkan bahwa faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya konsumen, sosial konsumen, pribadi konsumen, dan psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ekonomika sendiri, merupakan wadah bagi para cendekia dibidang ekonomi, manajemen dan akuntansi didalam aktivitas penyebaran ilmu pengetahuan, baik penelitian yang bersifat basic research maupun applied research. Frekuensi terbitan adalah 2 kali dalam setahun (April & Oktober) dengan APC ...