Tehicha sebagai produk teh kemasan memerlukan iklan sebagai salah satu bagian promosi. Namun di sisi lain, iklan merupakan salah satu produk budaya populer yang bersifat politis. Iklan merupakan instrumen pembentuk budaya, termasuk representasi nilai dominan laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi laki-laki dan perempuan dalam iklan Tehicha. Penelitian ini menggunakan analisis Semiologi Roland Barthes sebagai pisau analisis. Penelitian ini juga menggunakan teori Representasi dari Stuart Hall sebagai pijakan akademis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa laki-laki ideal direpresentasikan sebagai individu yang aktif, enerjik, pemimpin, berani, bebas dan berada di ranah publik. Namun, tidak semua laki-laki direpresentasikan ideal dalam iklan Tehicha. Sedangkan perempuan direpresentasikan individu pada peran domestik dan penggoda. Penelitian ini juga menemukan kecenderungan mengkonstruksi sensualitas perempuan yang menempatkan perempuan sebagai objek seksual.
Copyrights © 2022