JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VII SMP

Oktavius Yoseph Tuta Mago (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Nusa Nipa)
Agustina Yati (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Nusa Nipa)
Yohanes Nong Bunga (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Nusa Nipa)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Lembar kerja peserta didik (LKPD) dapat membantu guru untuk mengarahkan peserta didik agar menemukan konsep-konsep melalui aktivitas kelompok atau individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengkaji validitas lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Lima Tahap (MANTAP) level 1 yang terdiri dari, tahap pendahuluan, tahap pengembangan model dan tahap validasi. Produk berupa prototype LKPD divalidasi oleh 3 orang validator materi, 3 orang validator bahasa dan 2 orang validator grafis. Hasil analisis data validasi terakhir memperoleh nilai dari validator materi sebesar 99,19%, validator bahasa sebesar 96,66% dan validator grafis sebesar 95%. Ketiga nilai ini termasuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian oleh validator, dapat disimpulkan bahwa produk prototype LKPD yang dikembangkan sangat valid. Prototype LKPD ini telah memenuhi syarat untuk dilanjutkan pada uji efektivitas dan kelayakan. Kata Kunci: Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Prototype, Validitas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...