JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Penerapan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Habits of Mind Siswa SMP

Hasnarika Hasnarika (Program Studi S1 Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji masalah pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis dan habits of mind antara siswa yang menggunakan pendekatan metaphorical thinking dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang. Sampelnya 36 siswa kelas VII.7 sebagai kelompok eksperimen dan 36 siswa kelas VII.5 sebagai kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji t, Mann-Whitney dan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk habits of mind siswa diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...