JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Regresi Linier Sederhana untuk Mengestimasi Pengaruh Kemampuan Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Rasi

Devi Yustika (Universitas Jember)
Sudarti Sudarti (Universitas Jember)
Rif’ati Dina Handayani (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dengan berbagai aktivitas yang menuntut siswa berpartisipasi aktif selama proses belajar berlangsung. Partisipasi siswa dapat berjalan dengan baik, jika siswa memiliki kemampuan self regulated learning yang berkaitan dengan perencanaan, strategi, dan evaluasi terhadap tujuan yang ingin dicapai. Pembelajaran self regulated learning dikemas dalam model pembelajaran RASI yang memberi kemudahan siswa dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi pengaruh kemampuan self regulated learning terhadap hasil belajar siswa. Data yang digunakan merupakan data sekunder hasil penelitian sebelumnya, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Science). Hasil pengolahan data oleh SPSS menunjukkan bahwa kemampuan self regulated learning menggunakan model pembelajaran RASI berpenagaruh secara positif terhadap hasil belajar siswa. Namun, tingkat pengaruhnya sangat rendah yaitu hanya 4,8% dengan nilai signifikan uji-t sebesar 0,213 > 0,05. Oleh karena itu, kemampuan self regulated learning menggunakan model pembelajaran RASI tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Harapannya, pembelajaran dengan self regulated learning selanjutnya dapat mengembangkan hasil belajar siswa secara lebih maksimal dengan menambahkan berbagai perlakuan dan sistem pendukung belajar lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...