Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Konsep Diri dan Regulasi diri Terhadap Fear of Missing Out (FoMO) Pada Mahasiswa Penguna Instagram

Lailatuz Zahroh (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Ima Fitri Sholichah (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Fenomena kecemasan yang dirasakan oleh mahasiswa pengguna instagram seperti merasa ada yang hilang atau ketinggalan suatu informasi ketika individu atau kelompok lain sedang menjalankan aktivitas yang dirasa lebih penting daripada yang ia jalankan. Fenomena tersebut dapat disebut Fear Of Missing Out (FoMO). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Konsep Diri dan Regulasi Diri terhadap Fear of Missing Out (FoMO). Tipe penelitian yaitu dengan metode survei. Subjek yang digunakan adalah mahasiswa pengguna instagram sebanyak 170 dengan menggunakan teknik non probability sampling. Data dikumpulkan menggunakan Skala Fear of Missing Out, Skala Konsep Diri, dan Skala Regulasi Diri. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa konsep diri dan regulasi diri berpengaruh terhadap fear of missing out (FoMO) pada mahasiswa pengguna instagram (p<0,05). Prosentase pengaruh konsep diri dan regulasi diri sebesar 77,1% terhadap FoMO. Penelitian juga menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan FoMO sebesar 0,875 dan hubungan regulasi diri dengan FoMO sebesar 0,835. Rata-rata subjek berada di kategori sedang pada konsep diri, regulasi diri, dan FoMO

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...