Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penggunaan Media Website Pada Mata Pelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 2 Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu

Diky Ariyanto (Universitas Riau)
Isjoni Isjoni (Universitas Riau)
Asril Asril (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir disebabkan karena guru hanya sekedar menyampaikan materi pembelajaran tanpa adanya media pembelajaran yang tepat sehingga siswa kurang berpartisipasi dan aktif saat mengikuti proses pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa saat menggunakan media website terhadap hasil pembelajaran sejarah di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu, penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan di dalam kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas oleh guru kepada siswa secara sistematis, objektif dan reflektif dalam menghadapi masalah atau problem di kelas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada observasi siklus I nilai aktivitas siswa adalah 83,4 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 93. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan nilai aktivitas belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebanyak 9,5. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai sebesar 66,6% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 81,5 % dengan kiteria baik. Sedangkan untuk hasil belajar pada post test siklus I rata-rata ketuntasan diperoleh 61,7% dengan sebanyak 21 siswa melebihi KKM yang telah ditentukan, pada sisklus II rata-rata ketuntasan post test adalah 88,2% dengan sebanyak 30 siswa melebihi KKM. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan persentase dari siklus I dan siklus II yaitu sebanyak 26,5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...