Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Karakteristik Humanisme Dalam Pembelajaran PAI di MTs Kholafiyah Hasaniyah Gading Wetan Probolinggo Jawa Timur

Rofi'atul Islam (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Mamluatun Ni'mah (Univeristas Islam Zainul Hasan Genggong)
Nur Fatimah (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Pentingnya penerapan karakteristik humanism dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Lembaga pendidikan telah disesuaikan dengan tujuan pendidikan, dimana tujuan pendidikan sendiri adalah insan kamil (manusia yang sempurna) yang memiliki tanggung jawab besar terhadap pendidikan agama islam yakni membimbing, mendidik dan mengasuh agar menjadikan peserta didik memiliki ilmu pengetahuan, etika dan moral. Data penelitian ini didapatkan dari wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif naratif dengan hasil penelitian ini adalah; pertama, implementasi konsep pendidikan humanism dalam pembelajaran PAI membentuk kemandirian siswa sehingga mereka tidak mudah putus asa. Kedua, tujuan pendidikan humanism merupakan motivasi siswa supaya menjadi siswa yang bertanggung jawab terhadap pembelajarannya dan menjadi siswa yang kreatif serta berwawasan luas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...