Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Permainan Jenga Tematik sebagai Media Unik pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Pembelajaran 1 untuk Siswa Kelas V

Alifia Nuril Khoridah (Universitas Pendidikan Ganesha)
Maria Goreti Rini Kristiantari (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Nyoman Ganing (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran di kelas. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan kelayakan permainan Jenga Tematik. Jenis penelitian menggunakan model Hannafin dan Peck dengan tiga tahapan yaitu analisis kebutuhan (Needs Assess), perancangan (Design), serta pengembangan dan implementasi (Develop/Implement). Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini meliputi: (a) hasil rancang bangun permainan Jenga Tematik adalah produk berupa alat permainan edukatif, dan (b) hasil uji kelayakan produk meliputi: (1) hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran memperoleh skor persentase sebesar 95%; (2) hasil penilaian uji ahli desain pembelajaran memperoleh skor persentase sebesar 92.85%; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh skor persentase sebesar 91.66%; (4) hasil penilaian uji coba perorangan memperoleh skor persentase sebesar 90.7%; dan (5) hasil penilaian uji coba kelompok kecil memperoleh skor persentase sebesar 92.6% dengan semuanya mendapat kualifikasi sangat baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa permainan Jenga Tematik tema peristiwa dalam kehidupan subtema 1 pembelajaran 1 untuk siswa kelas V  SD No. 4 Kerobokan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...