Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas X IPS SMAN 1 Bangko Pusako Rokan Hilir

Nurrahmah Nurrahmah (Universitas Riau)
Isjoni Isjoni (Universitas Riau)
Ahmal Ahmal (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan indikator pencapaian. Untuk mengetahui bagaimana memperoleh hasil yang efektif dalam proses pembelajaran, maka sangat penting untuk mengetahui ciri-cirinya. Adapun ciri pembelajaran efektif antara lain : 1) Belajar secara aktif mental dan fisik, 2) Metode yang bervariasi, 3) Motivasi guru terhadap pembelajaran di kelas. Agar dapat menghadirkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan maka haruslah ada pembaharuan pada cara mengajar dari model pembelajaran yang biasa digunakan ke model pembelajaran yang lebih inovatif. Berdasarkan kepada latar belakang tersebut maka diambil judul yaitu ”Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan Motivasi Belajar di kelas X IPS SMAN 1 Bangko Pusako Rokan Hilir” dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada hasil aktivitas belajar siswa rata-rata tercapai persentase sebesar 79,16% dan telah mencapai rata-rata indikator keberhasilan yaitu 60%. Pada indikator motivasi belajar mencapai 81,64% dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ? 75%, dari hasil yang telah didapat maka model pembelajaran Picture and Picture ini berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...