Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Tari terhadap Kecerdasan Kinestetik Pembelajaran Tari Sekolah Dasar

Lindri Martinopa (Universitas Negeri Padang)
Rahma Hidayanthi (Universitas Negeri Padang)
Desyandri Desyandri (Universitas Negeri Padang)
Farida Mayar (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang diberikan atas penggunaan Media Pembelajaran Video Tari Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pembelajaran Tari Sekolah Dasar siswa kelas V.a di SD Negeri 07 Kampung Jawa II Kota Pariaman. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini memakai metode Pre-experimental design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas 5a di SDN O7 Kp. Jawa II kota Pariaman yaitu 23 anak. Test Wilcoxon Skor pretest dan posttest kemampuan kinestetik anak dapat diketahui bahwa nilai dari Thitung yang diperoleh yaitu 0. Taraf signifikan 5% sehingga Ttabel diperoleh dari tabel nilai kritis dalam test Wilcoxon adalah 70. Mengetahui jumlah angka yang diperoleh dari Ttabel berjumlah 70 berarti Thitung < Ttabel (0,70). Jadi, Thitung < Ttabel yaitu 0<70, maka hipotesis terhadap penelitian diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan media video tari terhadap kecerdasan kinestetik siswa kelas V.a SDN 07 Kp. Jawa II kota Pariaman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...