Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA) Dalam Meningkatan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Singingi Hilir Tahun Pelajaran 2021/2022

Dewa Danandra (Universitas Riau)
Isjoni Isjoni (Universitas Riau)
Asril Asril (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

SMA Negeri 2 Singingi Hilir. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Reading Questioning and Answering dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Singingi Hilir. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model Reading Questioning and Answering serta untuk mengetahi pengaruh model pembelajaran ini terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Singingi Hilir pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 52,38% dan meningkat pada siklus II mencapai 90.48%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Reading Questioning and Answering dapat meningkatkan hasil beajar siswa dalam pelajaran sejarah kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Singingi Hilir.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...