Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Kemampuan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Tria Rapika Wahyuni (Universitas Jambi)
Eko Kuntarto (Universitas Jambi)
Alirmansyah Alirmansyah (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan hasil analisis kemampuan menulis pantun pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus. Sumber data dalam Penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri 45/I Sridadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul, data dianalisa secara kualitatif memakai teori teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari Reduksi data, penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 orang siswa kelas V SD Negeri 45/I Sridadi ditemukan bahwa 9 orang siswa mengalami yaitu ADC, WJ, RR, CDG, MP, SLN, ZA, SR, dan AS permasalahan dalam menulis pantun seperti : (I) belum mampu memenuhi syarat-syarat pantun (II) belum memenuhi kriteria menulis isi pantun yang menarik (III) belum mampu menulis pantun dengan diksi/gaya Bahasa yang tepat. Kemudian bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa dalam menulis pantun adalah : (I) menyamakan rima, (II) mengungkapkan pikiran dan perasaan untuk kemanarikan isi pantun (III) membuat pantun yang terdiri dari 8-12 suku kata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...