Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Implementasi Pendidikan Mutlkultural dalam Perspektif Islam (Kasus di SMP IT El-Azma Bekasi)

Kardi Leo (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Nurwadjah Ahmad (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Andewi Suhartini (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Pembahasan pendidikan multikultural mengkaji mengenai keberagaman daerah asal penduduk, bahasa, dan budaya setiap siswa yang ada di sekolah. Penting untuk mengaplikasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan sekolah. Maka peneliti menderivasikan kajiannya dalam pertanyaan penelitian, pertama, bagaimana konsep pendidikan multikultural yang diupayakan di lingkungan SMP IT El-Azma Bekasi? Sejauh mana peran tokoh dan pimpinan sekolah terhadap konsep pendidikan multikultural yang diupayakan di SMP IT El-Azma Bekasi? Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif, dengan pendekatan metode studi kasus. Teknik analisis datanya adalah konsep analisis deskriptif dengan melibatkan tiga komponen analisis, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data dislay), dan penarikan kesimpulan (verification).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...