Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Zoom Fatigue pada Mahasiswa

Masturi Syifa (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Prianggi Amelasasih (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Sejak pandemi Covid-19 hingga saat ini, kegiatan pembelajaran masih banyak dilakukan secara daring maupun gabungan antara pembelajaran online dan offline (Hybrid Learning). Pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan platfrom Video Conference. Pembelajaran daring dalam pelaksanaannya ternyata dapat menimbulkan kelelahan baik fisik maupun mental yang disebut dengan Zoom Fatigue. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan fenomena Zoom Fatigue pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi dan wawancara. Uji Kredibilitas yang digunakan adalah triangulasi sumber. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kelelahan secara fisik dan mental yang disebabkan oleh pembelajaran daring melalui konferensi video

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...