Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Workshop

Rika Damayanti (Universitas Kristen Satya Wacana)
Yulia Sri Utami (292019035@student.uksw.edu)
Yan Soma Kasih (Universitas Kristen Satya Wacana)
Yonathan Daniel Sampe Bangun (Universitas Kristen Satya Wacana)
Friska Andriani (Universitas Kristen Satya Wacana)
Mawardi Mawardi (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan instrumen awal yang perlu dirancang oleh guru sebagai acuan dalam melaksanakan sebuah pembelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. Berdasarkan Permendikbud No. 65 Tahun 2013 bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri dari identitas, Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), indikator, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, sumber pembelajaran, penilaian, dan remedial. Melalui penelitian magang 2 (dua) kompetensi guru dalam menyusun instrumen pembelajaran khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum mengajar belum maksimal atau masih tergolong rendah. Sebagai akibat dari kurangnya pengetahuan guru tentang penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang disebabkan kurangnya literasi guru dalam perkembangan pendidikan khususnya penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada dasarnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sendiri merupakan tugas pokok dari guru, karena ketidakcakapannya dalam merancang guru memilih jalan pintas dengan mengunduh di internet atau membeli RPP yang sudah jadi. Dari kebiasaan ini guru menyepelekan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang seharusnya menjadi kompetensi yang harus dikuasai guru. Dengan adanya workshop yang diselenggarakan melalui sekolah, koordinator wilayah, dan dinas pendidikan diharapkan mampu mengedukasi guru untuk lebih menguasai perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP). Melalui workshop agar output yang diharapkan dapat terpantau, perlunya dilakukan supervisi terhadap guru yang sudah mengikuti workshop Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), melalui supervisi ini sekaligus bisa dijadikan indikator apakah afektif pelatihan ini dilakukan terhadap guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...