Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat

Rumiatul Husnah (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Dian Nuzulia Armariena (Universitas PGRI Palembang)
Rury Rizhardi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2022

Abstract

Masalah penelitian ini adalah keterampilan berbicara pada materi memperagakan paparan iklan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe struktural dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 02 Lubuk keliat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat, sedangkan sampel penelitian ini adalah sampel jenuh (seluruh populasi adalah sampel). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan perekaman. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta teknik analisis uji t jenis uji yang digunakan yaitu t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui nilai tes akhir rata-rata siswa sebesar 81,21 lebih besar dari hasil rata-rata siswa tes awal 60,69. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima jika thitung > ttabel. Oleh karena itu, thitung dengan nilai 8,32 lebih besar dibandingkan ttabel dengan nilai 2,01. Sehingga dapat dinyatakan bahwa rata-rata penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe struktural dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat efektif digunakan.Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...