Penelitianini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK).Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik permainan . Subjek penelitian yaitu siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta kelas VII J pada semester genap. Metode penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan Angket Kedisiplinan Belajar. Analisis data menggunakan membandingkan nilai rata-rata siklus I dengan siklus II. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian pretest berada dalam kategori rendah sebesar 88,89%, dengan skor rata-rata sebesar 83,56, kemudian pada siklus II (posttest) berada dalam kategori sedang sebesar 100,0%, dengan skor rata-rata sebesar 109,67. Berdasarkan hasil observasi, respon dan aktivitas siswa pada siklus I berada dalam kategori kurang sebesar 66,7% sedangkan pada siklus II berada dalam kategori baik sebesar 66,7% Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan Ada Peningkatan Kedisplinan Belajar Pada Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi pada Siswa Kelas VII J SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021/2022.
Copyrights © 2022