Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Upaya Meningkatkan Teamwork Melalui Bimbingan Kelompok Menggunakan Simulation Games Terhadap Pengurus OSIS SMPN 42 Semarang

Widya Putri Pangestika (Universitas Ahmad Dahlan)
Dody Hartanto (Universitas Ahmad Dahlan)
Mufied Fauziah (Universitas Ahmad Dahlan)
Kuswindarti Kuswindarti (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan teamwork yang ada pada pengurus OSIS SMPN 42 Semarang yang tergolong masih rendah Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian ini dilakukan di SMPN 42 Semarang. Subjek penelitian adalah peserta didik yang tergabung sebagai pengurus OSIS berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar pengumpulan data dan lembar observasi. Data dalam penelitian ini dianalisa menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh peningkatan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 52%, siklus I: 56 %, siklus II: 76%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok metode Game Simulation dalam upaya meningkatkan tingkat kerjasama peserta didik pengurus OSIS SMPN 42 Semarang terdapat adanya peningkatan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...