Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 4 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)

Fitriana, Diyah Ayu (Unknown)
Muhtarom, Muhtarom (Unknown)
Albab, Irkham Ulil (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS ) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa selama belajar menggunakan model pembelajaran CPS. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Group pretest-posttest Design. Adapun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan X-MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CPS lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional dan aktivitas siswa selama belajar menggunakan model pembelajaran CPS sudah mencapai kriteria aktif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...