Pemahaman konsep merupakan kemampuan menyatakan kembali definisi yang telah dipahami dengan bahasanya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis pada siswa terhadap materi bilangan pecahan melalui penggunaan e-learning video pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Subjek yang diambil pada penelitian ini masing-masing satu untuk kategori penggunaan berkemampuan tinggi, penggunaan berkemampuan sedang, dan penggunaan berkemampuan rendah. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan memberikan angket penggunaan e-learning video pembelajaran, tes pemahaman konsep matematis, dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu yaitu pengujian kredibilitas data melalui pengecekan dengan wawancara dalam waktu yang berbeda. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator pemahaman konsep matematis dengan memperhatikan kemampuan penggunaan e-learning video pembelajaran yang dimiliki oleh subjek. Hasil penelitian ini menunjukan pemahaman konsep matematis adalah sebagai berikut : (1) Subjek dengan penggunaan e-learning video pembelajaran berkemampuan tinggi masih kurang baik pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep, memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah; (2) Subjek dengan penggunaan e-learning video pembelajaran berkemampuan sedang mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, member contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah; (3)Subjek dengan penggunaan e-learning video pembelajaran berkemampuan rendah belum mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematis yang telah ditentukan.
Copyrights © 2022