Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment)
Vol. 5 No. 01 (2022): Jurnal Speed (Sport, Physical Education and Empowerment)

Problematika Guru Penjas dalam Memodifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani di MTs Ghoyatul Jihad Karawang

Taopik Qurohman (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Bambang Ismaya (Unsika)
Evi Susianti (Unsika)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana problematika guru penjas dalam melakukan modifikasi media pembelajaran pendidikan jasmani di MTs Ghoyatul Jihad Karawang. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggambarkan bagaimana problematika guru penjas dalam melakukan modifikasi media pembelajaran pendidikan jasmani di MTs Ghoyatul Jihad Karawang, subjek dalam penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 1 guru pendidikan jasmani, dan 4 orang siswa untuk diwawancarai. Teknik pengumpulan data dalam yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekniik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang problematika guru penjas dalam memodifikasi media pembelajaran pendidikan jasmani di MTs Ghoyatul Jihad karawang menyatakan bahwa untuk permasalahan yang dihadapi serta faktor penghambat guru penjas dalam melakukan modifikasi media pembelajaran keterbasannya biaya untuk membeli bahan-bahan modifikasi dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk memodifikasi media pembelajaran karena banyaknya fasilitas olahraga yang ada di sekolah sudah rusak, sedangkan untuk gambaran guru dalam memodifikasi media pembelajaran berdasarkan wawacara dengan narasumber guru kurang memahami pengetahuan tentang memodifikasi fasilitas olahraga dalam melakukan pembelajaran praktek di lapangan guru selalu mengandalkan lingkungan di sekitar sekolah, selain itu karena minimnya fasilitas yang ada di sekolah memaksakan guru untuk melakukan proses pembelajaran di dalam kelas, karena kurangnya pengetahuan guru dalam memodifikasi media pembelajaran biasanya guru penjas di Madrasah Tsanawiyah Ghoyatul Jihad Karawang selalu mengandalkan dana bantuan operasional sekolah untuk membeli sarana dan prasarana olahraga yang sudah rusak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Education

Description

JSPEED Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang yang menerbitkan artikel hasil penelitian dibidang pendidikan Jasmani,dan olahraga. JSPEED terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu di bulan Mei dan November. ...