JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 7, No 2 (2022): VOLUME 7 NUMBER 2 MAY 2022

Pengembangan Media Animasi Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Mety Toding Bua (Borneo University of Tarakan)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Media animasi digunakan karena anak akan lebih tertarik untuk mengenal berbagai lambang huruf dan suku kata dalam pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ASSURE. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media animasi. Hasil penelitian menunjukkan uji coba produk terhadap 2 pendidik dari SD 035 diperoleh hasil rata-rata presentase 83% dengan tingkat kemenarikan video animasi pembelajaran cukup menarik, pada SD 032 Tarakan uji coba produk terhadap 10 peserta didik di kelas A dan B siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami video animasi pembelajaran. Berdasarkan hasil dari uji coba produk siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami video animasi pembelajaran dan diperoleh hasil rata-rata 83% tingkat kemenarikan video animasi yang cukup menarik sehingga penggunaan media animasi berbasis pendidikan karakter dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar di daerah 2P. Berdasarkan validasi media, materi, bahasa menunjukkan media ini layak dijadikan media membaca permulaan. Kemudian, berdasarkan uji coba yang dilakukan membuktikan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar. Hal ini membuktikan media membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan melalui animasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...