Manusia selama ini tidak menyadari berbagai aktivitas yang menggunakan konsep dan ide matematika dasar. Misalnya kegiatan berbilang dengan menyebutkan suatu angka, kegiatan menimbang (lurus, luas, kapasitas dan beban), kesenian, kegiatan dagang (menghitung uang receh, untung rugi, dll) dan arsitektur bangunan (perumahan tradisional). Tujuan dari penelitian adalah mempelajari dan menganalisis temuan etnografi Istana Maimun Sumatera Utara untuk memperoleh informasi latar belakang perkembangan ilmu etnografi untuk pembelajaran matematika bidang geometri. Jenis penelitian adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Berdasarkan output penelitian yang dilakukan, terdapat bagian dan draft matematika yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan kerajinan Istana Maimun. Tanpa kajian teoritis terhadap draft matematika tersebut, mereka menerapkan konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat bukti pola etnografi yang tergambar dalam beragam hasil operasi matematika yang terorganisir serta maju, antara lain: 1) perencanaan pembangunan Istana Maimun; dan 2) aktivitas pembuatan pola ukiran pada tembok Istana Maimun.
Copyrights © 2021