Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 1 (2022): Januari-Juni 2022

MENINGKATKAN PENGENALAN ANGKA MELALUI MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP ANAK SEKOLAH DASAR

Annida Nurfitri (Univeristas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta)
M. Iqbal Yuda Octaverino (Unknown)
Nisa Salsabila Rahadatul Aisyi (Univeristas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta)
Sofyan Iskandar (Univeristas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta)
Primanita Sholihah Rosmana (Univeristas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup sulit untuk diajarkan pada siswa sekolah dasar, hal ini dikarenakan siswa memiliki mindset bahwa belajar matematika itu merupakan hal yang sulit. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan media kartu angka dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep bilangan. Penelitian yang kami gunakan yakni penelitian jenis kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan melalui observasi serta wawancara pada 3 orang anak. Data dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa media kartu angka ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan anak yang awalnya hanya 30% menjadi naik 5% setiap harinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...