Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022

UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI REINFORCEMENT PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (SD) DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Muhammad Isa (Universitas Serambi Mekkah)
Widia Astuti (FKIP Universitas Serambi Mekkah)
Hambali Hambali (FKIP Universitas Serambi Mekkah)
Muchsin Muchsin4 (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam memotivasi belajar siswa melalui reinforcement pada materi pecahan di kelas IV Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini dilakukan di  kelas IV SD Negeri 43 Banda Aceh. dengan jumlah subjek 7 orang  siswa sebagai subjek penelitian. Subjek dan sumber data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri 43 Banda Aceh yaitu SPA, TZF, AM, KCF, WK, ZN, IS. Subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara secara daring dan ofline.  Penelitian ini dilakukan terhadap guru matematika dalam pembelajaran materi pecahan dan bilangan pecahan karena sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, contohnya ketika membagi suatu benda maupun makanan, materi pecahan tidak pernah terlepas dari operasi hitung baik dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Namun masih banyak siswa yang merasa kesulitan memahami materi pecahan tersebut dikarenakan kurangnya minat siswa dalam memahami materi pecahan serta kurangnya motivasi yang ada pada siswa. Oleh karena itu guru harus menanamkan konsep-konsep dan pengalaman mendalam agar siswa dapat memahami soal-soal matematika berbentuk pecahan dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Covid-19 tidak mempengaruhi upaya guru dalam memberikan penguatan (reinforcement) kepada siswa. guru selalu berupaya untuk menerapkan keterampilan memberikan penguatan kepada siswa baik secara langsung maupun melalui whatsApp kepada siswa kelas IV SD  . Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran guru memberikan kata-kata pujian ketika ada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan dan juga memberikan tepuk tangan ketika ada siswa yang salah menjawab pertanyaan yang diberikan, penguatan tersebut diberikan untuk memotivasi agar iya dapat belajar lebih giat lagi sehingga memperoleh prestasi yang bagus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...