Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak
Vol 4, No 1 (2022): Juni

Strategi Peran Ganda Janda Cerai Mati untuk Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Anak

Endah Iri Aryani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yustika Irfani Lindawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Kontruksi sosial yang menuntut janda cerai mati menjalankan peran ibu dan ayah yakni mengasuh anak, menafkahi rumah tangga serta pemenuhan pendidikan anak seorang diri. Kecenderungan orang tua memberikan pendidikan anak melalui sekolah formal menyebabkan orang tua membutuhkan biaya untuk pemenuhan pendidikan anak dimana janda cerai mati memerlukan strategi guna memenuhi kebutuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara janda cerai mati menghidupi kebutuhan ekonomi dan pendidikan anak-anaknya di RT 003 RW 011, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi dan wawancara mendalam bebas terpimpin terhadap informan. Hasil penelitian ini diperoleh yaitu kebutuhan nafkah rumah tangga dan pemenuhan pendidikan anak dilakukan janda cerai mati dengan cara membuka usaha berupa warung kelontong, pakaian, dan menjual barang rumah tangga dengan sistem kredit serta menerapkan strategi dengan memanfaatkan modal (sumber daya) yang dimiliki seperti modal materi, modal sosial, modal simbolis, dan modal kultural. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan gagasan mengenai upaya-upaya yang dapat diterapkan guna mempertahankan kebutuhan ekonomi rumah tangga dan pemenuhan pendidikan anak untuk jangka pendek dan jangka panjang bagi orang tua tunggal. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hawa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Hawa is a scientific journal within the scope of gender and child studies with various applications of approaches, namely: psychology, education, law, sociology, literature, anthropology, and Islamic studies. It is a half-yearly published, exactly every June and December by Gender and Child Studies ...