J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2022): J-PiMat

TINGKAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

Sopia, M.Pd, Nurapni (Unknown)
Noit, Aprianus (Unknown)
Emelda, Echa Selvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Pandemi covid 19 yang terjadi memberikan banyak tantangan dalam kehidupan,termasuk dalam dunia pendidikan.Pembelajaran tatapmuka terbatas merupakan solusi pembelajaran yang diakukan pada masa pandemi covid-19. Dengan pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan juga oleh SMA Negeri 4 Sintang dimana merekan belajar online menggunakan googlet meet, zoom, whatshap group dan classroom. Penelitian ini ingin melihat tingkatan kemandirian belajar kelas X dalam Pembelajaran tatap muka terbatas. Riset ini menggunakan  penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif menggunakan instrumen data angket kemandirian belajar dengan 8 indikator yang dibagikan secara online melalui google formulir. Riset ini menggunakan sampel dari kelas X sebanyak 15 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus presentase jawaban siswa dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran presentase jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata presentase jawaban siswa pada angket skala sikap keaktifan belajar matematika siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA Negeri 4 Sintang memiliki keaktifan belajar matematika dengan presentase sebesar 2,81%. Rata-rata skor keaktifan belajar siswa adalah 2,81% yang berati, keaktifan belajar siswa klas X SMA Negeri 4 Sintang berada pada kategori sangat rendah. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...