Penelitian ini telah dilakukan dengan fokus terhadap kesulitan yang ditemui oleh siswa pelayaran dalam menguasai kosa kata bahasa inggris. Peneliti telah menerapkan metode penelitian deskriptif kualitatif di dalam penelitian ini, yakni mendeskripsikan hasil analisa secara sistematis dan akurat berdasarkan fakta yang ditemukan. Ada pun teknik analisa data dilakukan dengan cara mereduksi data temuan (data reduction), menampilkan data temuan (data display), lalu menyimpulkan data temuan tersebut (data concluding). Melalui hasil dari pengumpulan data yang telah menggunakan dua cara yakni dokumentasi dan interview secara mendalam, maka peneliti telah menemukan bahwa para siswa pelayaran mengalami kesulitan dalam penguasaan kosa kata bahasa Inggris pada konteks maritim berdasarkan empat aspek yang termasuk dalam penguasaan kosa kata, yakni pengucapan (pronunciation), pengejaan (spelling), tata bahasa (gramma)r, dan makna kata (meaning). Kemudian, peneliti menyimpulkan bahwa kebanyakan siswa mengalami kesulitan paling besar di dalam aspek makna kata (meaning).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022