Upaya perbaikan dibidang pendidikan merupakan suatu keharusan untuk selalu dilaksanakan agar suatu bangsa dapat maju dan berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini sudah memasuki era society 5.0 dimana manusia dituntut untuk menyelesaikan permasalahan sosial dengan inovasi dan berpusat pada teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan manajemen yang tepat di era society 5.0 agar dapat meningkatkan kualitas guru yang semakin dituntut untuk menguasai teknologi. Penyusunan artikel ini dilakukan menggunakan metode library research yang terdiri dari, penentuan tema pembahasan, pencarian sumber referensi sesuai dengan tema pembahasan, penyusunan isi materi, dan penyimpulan hasil dari beberapa artikel referensi. Teori yang digunakan adalah hubungan antara manajemen diklat dengan kualitas guru di era society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen diklat di era sekarang harus mlakukan pembeharuan sesuai kebutuhan, pendidikan dan pelatihan dikemas menjadi sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan pola pikir, inovasi baru, dan juga penguasaan teknologi para guru di sekolah, sehigga mampu menciptakan pembelajaran yang modern sesuai kebutuhan zaman.
Copyrights © 2022