Pendidikan karakter yang diberikan kepada anak sedini mungkin bahkan semenjak dari dalam kandungan akan memudahkan orang tua dalam membentuk karakter anak, salah satu penyebab karakter sulit diterapkan dan anak susah di atur karena pola asuh yang salah dan tidak sesuai dengan tahapan usia. Pendidikan karakter di terapkan dengan contoh tidak sebatas teori. Penting diberikan pemahaman dan pengetahuan secara mendasar kepada orang tua dan pendidik yang di bangun berdasarkan tiga komponen yang saling berkaitan dan tidak bisa di pisahkan, ketiga komponen itu ialah pengetahuan, sikap, dan prilaku, yang merupakan barometer terlaksananya pendidikan karakter. Yang dilaksanakan dengan berulang-ulang atau dengan pembiasaan setiap hari, maka akan terbentuklah karakter yang kuat dan mendasar pada kepribadian anak. Tiga lingkungan yang sangat berpengaruh dalam perkembangan karakter yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Harus saling mendukung dan tidak bisa di pisahkan. Karakter empati akan terstimulas dengan baik bila ketiga lingkungan ini saling mendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir maudhu’i dan Library Reseach yaitu menelaah dan mengumpulkan data dari berbagai literatur yang ada hubungannya dengan pembahasan masalah. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Copyrights © 2022