Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 4, No 01 (2022): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

PENGARUH MEMBACA AL-QUR’AN DAN MOTIVASI KELUARGA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH HAFIZH QUR’AN ANAK JUARA BEKASI

Maarif Nur Ahmad (Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara Bekasi)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Membaca Al-Qur’an Dan Motivasi Keluarga Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara Bekasi baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu peserta didik Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara Bekasi. Sampel penelitian ini sebanyak 80 responden dari total 100 populasi peserta didik Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara Bekasi tahun pelajaran 2020-2021. Adapun dasar dalam pengambilan sampel menggunakan teknik sampling slovin. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan membaca al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 55,90%, terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi keluarga terhadap kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 55,90 %, terdapat pengaruh membaca Al-Qur’an dan motivasi keluarga secara simultan atau bersama-sama terhadap kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 55,90%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...