Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Membaca Al-Qur’an Dan Motivasi Keluarga Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara Bekasi baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu peserta didik Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara Bekasi. Sampel penelitian ini sebanyak 80 responden dari total 100 populasi peserta didik Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara Bekasi tahun pelajaran 2020-2021. Adapun dasar dalam pengambilan sampel menggunakan teknik sampling slovin. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan membaca al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 55,90%, terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi keluarga terhadap kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 55,90 %, terdapat pengaruh membaca Al-Qur’an dan motivasi keluarga secara simultan atau bersama-sama terhadap kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 55,90%.
Copyrights © 2022