Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 4, No 01 (2022): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN SAWANGAN KOTA DEPOK JAWA BARAT

Sofyan Tsauri (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang motivasi guru madrasah dengan peningkatan faktor-faktor yang berkaitan seperti kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi kerja kepala sekolah madrasah tsanawiyah di kecamatan sawangan kota depok jawa barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda, uji T dan Uji F. hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kepemimpinan kepala sekolah (X1) berpengaruh positif t dan signifikan terhadap motivasi kerja guru (Y) sebesar 93,5% 2) Kompetensi pedagogik guru (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivai kerja guru (Y) sebesar 95,6%. 3) Kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru sebesar 96,1% dan 3,9% sisanya ditentukan oleh faktor lainnya.  Berarti meningkatnya kepemimpinan kepala sekolah yang diikuti dengan kompetensi pedagogik guru yang baik, maka akan meningkatkan motivasi kerja guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...