Tujuan penelitian ini adalah menguji penerapan teknik relaksasi berbasis musik Intrumental dalam konseling kelompok untuk meningkatkan self efficacy pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babat Toman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dengan one group pretest-posttest design, dengan rancangan satu kelompok subjek. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui peningkatan self efficacy siswa. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babat Toman yang memiliki self efficacy rendah. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji tanda dan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N=7 dan X=0 diperoleh ρ=0,008. Bila dalam ketetapan α sebesar 5% adalah 0,05 maka harga 0,008 < 0,05, dengan demikian Hο ditolak dan Ha diterima. Maka, hipotesis penelitian dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi berbasis musik intrumental dapat meningkatkan self efficacy siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019