Chemistry Education Practice
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi Mei

Efektivitas Bahan Ajar Kesetimbangan Kimia Berbasis Kerja Ilmiah dan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar

Syamyafiya Afiyanti (Universitas Negeri Malang)
Habiddin Habiddin (Universitas Negeri Malang)
Miftahul Jannah (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivitasan penggunaan bahan ajar kesetimbangan kimia dengan mengeksplisitkan kerja ilmiah berbasis pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara daring (online) dan melibatkan 70 siswa pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa 10 soal pilihan ganda yang telah divalidasi secara empirik. Analisis data dilakukan menggunakan uji Anacova. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia terhadap siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar kesetimbangan kimia berbasis kerja dan pendekatan ilmiah (kelas eksperimen) dibandingkan siswa yang menggunakan bahan ajar regular (kelas kontrol). Perbedaan ini ditunjukan oleh hasil belajar kelas eksperimen (81,40) yang lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas kontrol (67,48). Perbedaan ini selanjutnya dikonfirmasi oleh uji anacova dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang mengindikasikan bahwa Bahan Ajar Kesetimbangan Kimia Berbasis Kerja dan Pendekatan Ilmiah (BA-KK-KPI) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...