Chemistry Education Practice
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi Mei

Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-learning pada Masa Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri di Lombok Timur

Rabiatun Adawiah (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Agus Abhi Purwoko (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Saprizal Hadisaputra (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Baiq Fara Dwirani Sofia (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Dwi Wahyudiati (Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kualitas, pengaruh serta konribusi indikator dari penerapan pembelajaran berbasis e-learning pada masa Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri di Lombok Timur. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi penelitian sebanyak 155 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Lombok Timur dan jumlah sampel sebanyak 111 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan multistage random sampling. Pengumpulan data pembelajaran berbasis e-learning dan motivasi belajar menggunakan angket dan wawancara. Analisis data penelitian yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kualitas penerapan pembelajaran berbasis e-learning berada di kategori sedang dengan persentase frekuensi terbesar 70%. Tingkat motivasi belajar siswa berada di kategori sedang dengan persentase frekuensi terbesar 71%. Hasil analisis inferensial digunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis yang menggunakan pearson product moment menunjukkan rxy = 0,56 dan koefisien determinasi sebesar 31,87% sehingga ditunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara penerapan pembelajaran berbasis e-learning pada masa Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa. Indikator pembelajaran berbasis e-learning yang paling besar memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar ialah kesiapan siswa menerima materi pembelajaran melalui e-learning dan indikator yang paling sedikit memberikan pengaruh ialah keterampilan menggunakan komputer/smartphone.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...