Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 6 No 1 (2022): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

Profil HOTS Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Analitik Ditinjau dari Tingkat Berpikir Van Hiele

Friska Hermalia Putri (Unknown)
Eyus Sudihartinih (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi profil HOTS mahasiswa dalam menyelesaikan masalah geometri analitik ditinjau dari tingkat berpikir geometri van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian berupa wawancara, dokumentasi, dan tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu tes kemampuan van Hiele dan tes kemampuan penyelesaian masalah persamaan garis. Penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penyelesaian masalah dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah geometri yang dialami partisipan berbeda-beda dalam setiap tingkatan berpikir geometri yang mereka capai. Kesulitan dalam menyelesaikan masalah persamaan garis yang dialami partisipan dengan tingkat berpikir geometri rendah lebih banyak dibandingkan dengan kesulitan yang dialami partisipan dengan tingkat berpikir geometri yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri yang dicapai partisipan merupakan indikator yang baik untuk menunjukkan keterampilan mereka dalam menyelesaikan permasalahan matematika secara umum dan geometri pada khususnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...