PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2022): EDISI APRIL 2022

EFEKTIIVITAS PENGGUNAAN GAME EDUKASI QUIZWHIZZER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PHYTAGORAS

Faijah, Nuthfah (Unknown)
Nuryadi, Nuryadi (Unknown)
Hetty Marhaeni, Nafida (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan game edukasi berbantuan QuizWhizzer untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP pada materi teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-H (kelas eksperimen) dan kelas VIII-G (kelas kontrol) di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, soal pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game edukasi berbantuan QuizWhizzer lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa daripada pembelajaran secara langsung. Hal ini didukung dengan hasil analisis datta dimana berdasarkan uji independent sample t-tetst menunjukkan bahwa signifikansi (2-tailed) kurang dari signifikansi   , hal ini berarti penggunaan game edukasi berbantuan QuizWhizzer lebih efektif daripada kelas yang tidak menggunakan game edukasi berbantuan QuizWhizzer. Selain itu, berdasarkan uji perbedaan rata-rata juga menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata untuk kelas eksperimen lebih besar dibandingkan peningkatan rata-rata kelas kontrol . Oleh karena itu, kemampuan pemahaman konsep siswa dapat meningkat dengan penggunaan game edukasi berbantuan QuizWhizzer saat pembelajaran matematika pada materi teorema Pythagoras.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...