Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 5 No. 1 (2022): JPPSI, April 2022

Eksplorasi Konsep Fisika Pada Permainan Lempar Bola Secara Vertikal dengan Bantuan Aplikasi Tracker

Mohd Zaidi Bin Amiruddin (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Kurangnya pemahaman fisika peserta didik pada gerak vertikal ke atas dikarenakan hanya diberikan materi secara umum. Hal ini diperparah dengan pembelajaran yang berlaku secara daring akibat Covid-19. Namun, dengan perkembangan teknologi ternyata banyak sekali yang bisa diintegrasikan antara satu dengan yang lain. Salah satunya permainan lempar bola dengan konsep fisika. Penelitian  ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dan membuktikan teoritik fisika yang terdapat pada permainan lempar bola ke atas. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan metode analisis video yang dimasukkan ke dalam aplikasi tracker dimana hasil analisis video tersebut memaparkan data matematis pada grafik yang muncul di layar aplikasi tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya bantuan aplikasi tracker dan contoh nyata dalam kehidupan sehari – hari ternyata dapat mengeksplorasi konsep dan membuktikan teoritik fisika yang ada pada gerak vertikal ke atas. Selain itu, data percobaan yang diperoleh  ternyata linear dengan hasil percobaan para ahli sebelumnya pada gerak vertikal ke atas. Kemudian data yang dihasilkan lebih valid dibandingkan dengan cara percobaan yang konvensional. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa adanya aplikasi tracker dan contoh nyata dalam kehidupan sehari – hari dapat menjadi media pembelajaran yang inovatif untuk menggali membuktikan konsep fisika secara teoritik. Kedepannya, perlu adanya penelitian lanjutan untuk membuktikan apakah aplikasi ini benar benar efektif untuk menemukan konsep fisika pada sub materi yang lain khususnya pada benda yang bergerak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...