Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 2 (2022): April-June

Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar di Daerah Pinggiran

Umar Umar (Universitas Mataram)
Arif Widodo (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Studi awal menunjukkan bahwa siswa di sekolah pinggiran cenderung memiliki kemampuan akademik yang rendah. Salah satu indikatornya adalah kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah pinggiran lebih rendah jika dibandingkan dengan sekolah di daerah perkotaan. Faktor penyebab rendahnya kemampuan akademik siswa perlu diteliti secara mendalam. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian adalah dua sekolah dasar di kawasan Geopark Rinjani. Informan dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan orang tua siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menemukan beberapa faktor yang diduga kuat menjadi penyebab rendahnya kemampuan akademik siswa. Faktor-faktor tersebut antara lain kurangnya dukungan orang tua, rendahnya kemandirian belajar siswa, tantangan alam yang cukup berat, kurangnya fasilitas belajar yang dimiliki siswa, keterbatasan sumberdaya manusia yang dimiliki sekolah dan rendahnya etos belajar siswa. Berbagai faktor tersebut harus segera dicarikan solusinya agar permasalahan rendahnya kemampuan akademik siswa di sekolah pinggiran dapat diselesaikan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam perumusan kebijakan pemerintah daerah dalam bidang peningkatan kualitas pendidikan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...