Attadib: Journal of Elementary Education
Vol 6, No 1 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education

IMPLEMENTASI ASESMEN LITERASI MATEMATIS BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI SEKOLAH DASAR

Ginanti Ayuwara (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Epon Nur’aeni (PGSD-FIP-Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Dindin Abdul Muiz Lidinillah (PGSD-FIP-Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Muhammad Rijal Wahid Muharram (PGSD-FIP-Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.  Penelitian deskriptif kualitatif yaitu sebuah prosedur penelitian berdasarkan data deskriftif yang berupa lisan atau kata tertulis dari subjek penelitian atau informan yang telah diamati dan memiliki karaktristik bahwa data yang diberikan merupakan data asli menurut situasi dan kondisi yang tidak dapat di manipulasi serta menggunakan cara sistematis dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diberikan oleh pemberi informasi. Bertujuan untuk mencari masalah evaluasi pembelajaran perihal asesmen soal yang dikembangkan di Sekolah Dasar SDN 1 Kalangsari. Impelementasi asesmen literasi matematis pada materi bangun datar segiempat yang dikembangkan guru. Asesmen berbasis AKM merupakan terombosan dari pemerintah untuk mewujudkan peserta didik yang sesuai dengan keterampilan abad 21 melalui hasil belajar melalui soal berbasis AKM. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, penelitian mengahsilkan kesimpulan; pendidik belum menerapkan soal yang berbasis AKM literasi matematis kepada peserta didik karena beberpa faktor masalah yang terjadi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...