Penelitian ini dilakukan karena guru dalam menyampaikan materi pembelajaran masih sebatas mengajarkan konsep dengan menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan buku tema yang ada. Sehingga peserta didik kurang dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi dengan menggunakan media pembelajaran Ritatoon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Ritatoon berdasarkan penilaian validator dan mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran Ritatoon. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Kerumut dengan tekhnik pengumpulan data wawancara dan angket. Hasil angket validasi ahli materi, ahli media dan respon siswa menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran Ritatoon memperoleh nilai persentase 92% dengan kriteria “sangat layak” dari dosen ahli media, dari dosen ahli materi memperoleh nilai persentase 96% dengan kriteria “sangat layak” Sedangkan dari respon siswa dalam uji coba lapangan setelah menggunakan media pembelajaran Ritatoon memperoleh nilai persentase 98% dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Ritatoon “sangat layak” untuk digunakan.
Copyrights © 2022