Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2c (2022): Juni

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Si Bula (Stik Bilangan Bulat) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas IV SDN 18 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022

Maya Zulva (Universitas Mataram)
Muhammad Turmuzi (Universitas Mataram)
Heri Hadi Saputra (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbatuan media Si Bula (Stik Bilangan Bulat) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 18 Cakranegara Tahun Pelajaran 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model model Problem Based Learning (PBL) berbatuan media Si Bula (Stik Bilangan Bulat), sedangkan kelas IV B merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa tes pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas mengajar guru. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji t (t-polled varian). Berdasarkan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada tahap post-test diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 72,08 dan kelas kontrol adalah 60,42. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitungĀ  sebesar 2,070 dan tTabel 2,014 pada taraf signifikansi 0,05 atau 5%, sehingga dapat diketahui thitung >tTabel. Sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan H0 dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbatuan media Si Bula (Stik Bilangan Bulat) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 18 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...