Tadbiruna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 1 No 2 (2022): TADBIRUNA

PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI LEUWILIANG BOGOR

Saiful Falah (Unknown)
Ahmad Idhofi (Unknown)
Firda Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan kelas guru untuk dapat memberikan peran dalam peningkatan motivasi belajar siswa dengan kondusif selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penelitian bertujuan untuk dapat memperoleh data empirik mengenai pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VIII-Putri MTs Ummul Quro Al-Islami yang berjumlah 346 dengan sampel 50% dari populasi adalah sebanyak 173 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara umum persentase Pengelolaan kelas sebesar 34% dengan kategori cukup baik dan nilai rata-rata 61,72, kemudian Motivasi belajar siswa sebesarĀ  55% dengan kategori baik dan nilai rata-rata 54,72. Berdasarkan hasil analisis pada pembuktian hipotesis diketahui nilai T hitung lebih besar dari T tabel (5,647 > 4,275) maka dapat dikatakah bahwa adanya pengaruh secara signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. Dengan tingkat pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat yaitu sebesar 15,7%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tadbiruna

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Tadbiruna adalah Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor, terbit berkala enam bulan sekali (semester), sebagai wahana komunikasi insan akademik dalam bidang manajemen, organisasi pendidikan dan kepemimpinan pendidikan ...