MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 5 No 1 (2022)

Konsep Integrasi Ilmu Ke-MI-an dengan Ilmu Islam

Novita Istiqomah (Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Khamim Zarkasih Putro (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep integrasi ilmu ke-MI-an dengan ilmu islam yang ada disekolah. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan atau library research, dimana peneliti membaca, mencatat kemudian meninjau literatur atau bahan bacaan yang telah diperoleh dan dianggap relevan dengan pokok kajian penelitian sebelum menunangkannya secara teoritis dalam kerangka pikiran. Buku, artikel jurnal, dan prosiding yang tercantum dalam daftar pustaka digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implemetasi tentang konsep integrasi ilmu di MI dengan imlu islam adalah memadukan ilmu-ilmu seperti ilmu agama dan ilmu umum bertujuan untuk mencipatkan peserta didik agar mampum bertahan dan tangguh menghadapi perkembangan zaman. Upaya ini dilaskan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah, sehingga akan menajdi generasi emas yang memiliki karakter religious, berbudi pekerti, berilmu, memiliki keterampilan dalam penguasaan IPTEK sesuai dengan tuntutan zaman

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

madrosatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MADROSATUNA adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel asli tentang pengetahuan terbaru, penelitian, atau penelitian dan pengembangan terapan lainnya di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Sejak 2018 jurnal ini telah diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juli dan Desember). ...