RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 2 (2022)

EFEKTIVITAS MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA

Novi Mulyani (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)
Cici Yulia (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih banyak siswa yang memiliki self esteem yang rendah. Self esteem yang rendah ini disebabkan karena siswa tidak menyadari kelebihan yang dimiliki nya, siswa selalu membandingkan diri dengan orang lain, siswa tidak percaya terhadap kemampuan dirinya sendiri. Untuk meningkatkan self esteem siswa bisa dilakukan melalui pemberian layanan Bimbingan dan Konseling. Bimbingan dan Konseling ialah pemberian bantuan yang diberikan oleh guru BK kepada siswa untuk memabantu dalam memecahkan masalah serta menjadikan siswa mandiri. Untuk memberikan layanan yang maksimal maka guru BK harus menggunakan media sehingga siswa mudah mengerti materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan media canva untuk meningkatkan self esteem siswa. Hasil penelitian ini di awali dengan pengolahan data untuk uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan rhitung lebih besar dari rtabel dan uji reliabilitas menggunakan uji alpha Cronbach dengan memperoleh hasil yang berklasifikasi tinggi. Uji coba media canva mendapatkan rata-rata pada pretest 76,7 dan posttest mendapatkan rata-rata 84 hal tersebut menunjukan adanya peningkatakan self esteem sebelum menggunakan media canva dan setelah menggunakan media canva sehingga dinyatakan memberikan pengaruh untuk meningkatkan self esteem siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...