RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 2 (2022)

TEOLOGI DAN FILSAFAT SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Eka Firmansyah (Universitas Muhammadiyah Malang)
Khozin Khozin (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Dari masa kemasa kita sering menemukan berbagai perkembangan dalam pendidikan Islam. Oleh karena itu, untuk menghadapi situasi yang terus berubah-ubah dibutuhkan pengembangan-pengembangan yang jelas yang berlandaskan atas berbagai pertimbangan yang matang sehingga apa yang diupayakan bisa tepat pada sasaran yang dituju.   Artikel ini bertujuan untuk memahami bagaimana prinsip-prinsip pengembangan kurikulum diterapkan dalam pengembangan pendidikan agama Islampenelitian ini menggunakan studi kepustakaan yang dimana penelitian dilakukan dengan mengumpulkan literature-literatur yang berkaitan dengan poin yang akan dibahas. Dengan demikian hasil kajian yang kami lakukan ditemukan bahwasanya, ada beberapa asas dalam pengembangan kurikulum PAI diantaranya adalah asas teologi dan filsafat. Asas teologi adalah asas yang merujuk pada Al-Qur’an dan Hadits, sedangkan asas filsafat adalah asas yang berdasarkan filosofi. Dengan menggunakan landasan-landaran ini diharapkan mampu menghasilkan kurikulum yang mudah untuk dipahami, mudah pula untuk dijalankan, serta sesuai dengan kondisi para siswa diberbagai penjuru di Indonesia, tidak hanya berpegang atau berpatokan pada kondisi siswa di daerah-daerah tertentu

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...